Tahukah Anda ? Kacang Adalah Satu Bahan Pembuat Dinamit

Anda mungkin tidak tahu bahwa banyak keajaiban bahan-bahan alam, terutama yang sehari-hari kita temui atau konsumsi yang tidak kita ketahui. Dari segi kimia, bahan-bahan tersebut bisa menjadi apa saja tentu dengan prosedur rumit yang diketahui oleh para ahli kimia, contohnya yang paling sering kita dengar adalah minyak kelapa sawit untuk bahan bakar kendaraan (sebagai biofuel) atau kopi luwak terkenal dari indonesia yang menjadi kopi termahal dan eksklusif di dunia yang berasal dari biji kopi yang dikeluarkan dan terdapat pada kotoran hewan mamalia seukuran kucing. Tentunya kemudian biji kopi ini tidak diproses begitu saja, sekali lagi melewati prosedur rumit hingga menjadi kopi terenak dan termahal didunia.

Kacang tanah menghasilkan minyak kacang tanah yang kemudian diproses menghasilkan gliserol, gliserol ini merupakan salah satu jenis senyawa lemak (makanya banyak orang bilang, makan kacang bikin jerawatan atau gemuk karena mengandung banyak lemak), tetapi tentunya hal ini tidak berlaku pada beberapa orang termasuk saya yang suka sekali makanan berbumbu kacang (hehe..). Gliserol inilah yang digunakan untuk membuat sintesis nitroglycerin melalui proses yang rumit tetapi jauh lebih ekonomis dibanding membuatnya dari bahan lain. Nitroglycerin inilah yang nantinya menjadi salah satu bahan dinamit/peledak. Meskipun demikian ada juga beberapa proses yang bisa membuat dinamit tanpa penggunaan kacang tanah. Proses-proses tersebut sangat rumit dan tidak diajarkan dalam kurikulum pendidikan kimia, sehingga tidak sembarang orang bisa membuat bahan peledak termasuk orang kimia level berapapun pendidikannya, kecuali orang yang dilatih khusus di instansi pemerintah seperti kepolisian atau pabrik senjata di luar negeri. Ahli-ahli ataupun ilmuwan kimia sendiri hanya mengetahui konsep bahan yang bisa berbahaya atau meledak untuk dihindari dalam percobaan di lab atau ketika melakukan sintesis senyawa. Sedangkan ke arah pembuatannya tentunya jauh sekali dan jangan berpikir bahwa ilmuwan kimia bisa membuat bahan peledak.

Bukan rahasia umum lagi jika air kelapa memiliki banyak khasiat, tetapi kita mungkin belum tahu bahwa air kelapa mampu menggantikan plasma darah dalam keadaan darurat, alasannya adalah air kelapa (bukan susu kelapa/santan) merupakan air steril dan memiliki nilai pH yang ideal, selain itu air kelapa ini merupakan endosperm cair yang melindungi embrio kelapa dan menyediakan nutrisi. Keadaan yang tepat inilah yang membuat para ilmuwan dan ahli di bidang kedokteran banyak menelitinya dalam berbagai percobaan dan variabel penelitian untuk tujuan tersebut.

Beberapa fakta diatas hanya sedikit dari berbagai manfaat pada hasil-hasil alam termasuk dalam manfaatnya dalam biokimia dan industri yang tidak kita ketahui. Pengetahuan ini di dalam bidang kimia diperkenalkan sebagai Kimia Bahan Alam yang merupakan dan termasuk dalam bidang studi-bidang studi aplikasi kimia yang bisa diambil pada semester atas untuk jurusan kimia murni karena memiliki pembahasan yang cukup rumit dan sangat dekat kaitannya dengan kimia organik.

Banyak ahli dan pengamat memprediksikan perkembangan teknologi aplikasi akan semakin dekat kepada alam/sumber daya alam yang dapat diperbaharui terutama dalam bidang material, jadi jangan heran jika nanti anda menemukan handphone yang chasingnya dibuat berbahan dasar utama daun kering yang sedang dikembangkan saat ini (tentunya dengan proses rumit, tidak asal aduk saja), karena memiliki banyak manfaat seperti mengurangi pelepasan CO2 dari emiten elektromagnetik, dan mengurangi berat dan banyak kelebihan lain.

sumber : http://school-of-rock5.blogspot.com

Posting Lama

Leave a Reply